Sunday, December 30, 2012

8 Kereta Api Eksekutif (Argo) Terbaik Indonesia


KA. Argo Bromo Anggrek 




KA Argo Bromo Anggrek mulai dioperasikan pada tanggal 24 September 1997. Produk ini merupakan pengembangan (derivative merk) dari KA Argo Bromo JS-950 yang diresmikan pertama kali perjalanannya oleh Presiden RI pada tanggal 31 Juli 1995 menandai Hari Teknologi Nasional 12 Agustus 1995. 


Brand Bromo diambil dari nama satu gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Panorama Wisata Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.392 m ini selain menyimpan makna ritual cultural dan religius juga menyajikan keindahan kawah dan keasrian alam lingkungannya yang membuat kawasan Gunung Bromo menjadi sangat terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata utama turis domesyik maupun mancanegara. Sebutan Anggrek digunakan untuk menandai adanya derivative merk dari produk sebelumnya, sehingga warna eksterior kereta tersebut disesuaikan dengan paduan warna setangkai bunga anggrek. 

Perjalanan Gambir-Surabaya Pasarturi sejauh 725 km melalui lintas Utara ditempuh dalam waktu 9 jam. KA Argo Bromo Anggrek dengan kapasitas 400 seat terdiri atas 8 rangkaian kereta kelas eksekutif dan dalam perjalanannya hanya berhenti di Stasiun Pekalongan dan Semarang.


KA. Argo Lawu








KA Argo Lawu membawa rangkaian sebanyak 8 kereta kelas eksekutif dan memiliki kapasitas 400 tempat duduk. Perjalanan Solo-Jakarta (576 km) ditempuh dalam waktu kurang lebih 7 jam 30 menit dan hanya berhenti di Stasiun Yogyakarta dan Purwokerto. 
Perjalanan kereta api dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Gambir pada siang hari memungkinkan penumpang menikmati indahnya panorama pegunungan di Bumi Banyumas, Kali Serayu dan Kali Progo. Sementara perjalanan dari Jakarta-Solo dilakukan pada malam hari. Selama dalam perjalanan pramugara dan pramugari yang terlatih serta ramah siap untuk menyajikan pelayanan yang dibutuhkan penumpang. 


KA. Argo Dwipangga  









Pertama kali diresmikan oleh Mentri Perhubungan RI pada tanggal 21 April 1998 menggunakan nama KA Dwipangga. Akan tetapi seiring dengan tuntutan pelanggan yang menginginkan penambahan KA Argo koridor Jakarta-Solo, maka KA Dwipangga sengaja di re-design untuk layanan sekelas KA Argo sehingga brand-nya pun diganti menjadi KA Argo Dwipangga pada tanggal 5 Oktober 1998. 
Argo Dwipangga dengan kapasitas 400 seat dan membawa 8 rangkaian kereta kelas eksekutif menawarkan alternative perjalanan pada siang hari dari Stasiun Gambir ke Solo Balapan dan perjalanan pada malam hari dari arah sebaliknya (berkebalikan dengan alternative perjalanan yang ditawarkan oleh KA Argo Lawu) .
KA Argo Gede  
KA Argo Gede pada peluncuran perdana tanggal 31 Juli 1995 diberi indeks JB – 250 yang memiliki arti bahwa perjalanan Jakarta – Bandung ditempuh dalam waktu 2,5 jam. Diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden RI bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-50, disusul kemudian pada tanggal 10 Mei 2001 diluncurkan KA Argo Gede 
  

KA. Argo Muria













KA Argo Muria dilaunch pertama kali tanggal 22 Desember 1997. Kereta api ini menawarkan alternative perjalanan dengan jadwal pemberangkatan pagi hari dari arah Semarang ke Jakarta dan sore hari dari arah sebaliknya
Layanan kereta api yang memiliki kapasitas 350 tempat duduk ini terdiri dari 7 rangkaian kereta kelas eksekutif. Untuk perjalanan yang dilakukan pada siang hari, penumpang dapat menikmati indahnya panorama di Pesisir Pantai Utara khususnya atara Pekalongan-Semarang. 


KA. Argo Wilis









Kereta api ini merupakan salah satu layanan eksekutif unggulan yang menghubungkan antara Kota Bandung dengan Kota Surabaya. 

KA Argo Wilis dengan kapasitas angkut 200 seat (4 rangkaian kereta kelas eksekutif) menawarkan alternative perjalanan pada siang hari yang memungkinkan pemerjalan menikmati indahnya panorama pegunungan di Bumi Parahyangan, Banyumas, Kali Serayu dan Kali Progo. 

  
KA. Argo Sindoro






Perjalanan sejauh 445 km ditempuh dalam waktu 5 jam 30 menit dan hanya berhenti di stasiun tegal dan pekalongan. Layanan kereta api yang memiliki kapasitas 350 tempat duduk ini terdiri dari 7 rangkaian kereta kelas eksekutif. Untuk perjalanan yang dilakukan pada siang hari, penumpang dapat menikmati indahnya panorama dipesisir pantai utara khususnya antara pekalongan dan semarang. 


KA. Argo Jati











Peluncuran perdana KA Argo Jati dilaksanakan pada tanggal 12 April 2007 yang merupakan hasil improvisasi/peningkatan dari KA Cirebon Ekspress Utama Yang diresmikan tanggal 13 mei 2005, sebagai cikal bakalnya KA Argo Jati. 

Dengan pola operasi 2 kali pp diawali pemberangkatan awal dari Cirebon di pagi hari kembali dan berangkat lagi ke Jakarta pada siang harinya. Rangkaian KA argo jati sebanyak 8 kereta kelas eksekutif mempunhyai kapasitas angkutan untuk 400 penumpang.

52 comments:

  1. alhamdulillah kalo saya pernah naik kereta agro kayak itu 2 kali kang :D , dan rasanya enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno:0852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya KLIK->KLIK DISINI 4d 5d 6d

      Delete
  2. wah ..ternyata kereta di indonesia bagus juga yah ,, maaf gak pernah naik kereta gan ..hehehe, mampir balik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang armada KA2 di Indonesia itu sama sekali tidak jelek kok. Memang masih banyak orang yang membandingkan KA2 di Indonesia dengan KA Supercepat seperti Shinkansen di Jepang atau TGV di Inggris - Perancis.
      Tetapi: 2 KA Supercepat itu mempunyai Rel KA yang jauh lebih besar dengan jarak antara Rel sekitar 1450 Mm an sedangkan lebar Rel KA di Indonesia, khususnya di Jawa dan di Sumatera bagian Selatan itu jaraknya sekitar 1064 mm. Jadi memang KA2 di Indonesia tidak bisa sampai sengebut itu. Kalau anda lihat Anime Jepang, anda bisa melihat untuk KRL2 Komuter dan KRD Perintis di Jepang juga menggunakan ukuran Rel yang sama. Terbukti dari kebijakan PT KCJ untuk menggunakan armada KRL dari Jepang dan pihak PT INKA untuk tidak mengubah bogie KRL2 Jabodetabek...
      Semoga info nya membantu dan kita bisa lebih "bangga" dengan dunia perkeretaapian Indonesia :-)

      Delete
  3. ane cuma pernah naik yang bromo anggrek pas 2010.... lumayang kenceng..., jangan lupa follback ya sob ... http://blog-lumajang.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Kapan ngambil gambarnya kang??? Tumben gk berjubel penumpangnya....

    ReplyDelete
  5. sekarang kereta api indonesia sudah keren,
    untuk kereta api argo memang tergolong eksekutif,
    nyaman dan menyenangkan ...
    salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, tapi apa hubungannya dengan artikel yang membahas KA2 Kelas Eksekutif Argo? 😟

      Delete
  6. nice info gan. Ane belum pernah naik kereta api selain yang kelas ekonomi T_T jadi gak tau yang beginian.

    ReplyDelete
  7. wah gambar nya yg jelas bnyk yg ngambil dari poto teman teman railfans tuh ....
    dan itu sejak kapan Argo Muria lewat Lebak Jero ?? trayek baru ?? =))

    cukup berpromosi deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si Admin artikel ini mencampurkan foto2 KA Argo Muria (Semarang - Jakarta) dengan KA Argo Wilis (Surabaya - Bandung) karena pada dasarnya cetak biru dan desain rangkaian Kereta Penumpang di Indonesia itu sama saja kecuali rangkaian KA Argo Bromo Anggrek yang memang di desain khusus untuk kecepatan yang tinggi (100 - 120 Km/Jam).............Ini Teorinya lho ya.

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Tiket nya ko mahal bngt
      Msa aq dpt tket hrga 450..

      Delete
  11. Ngomong2 KA, apakah sudah ada yg memakai wifi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah, semua KA exa (Argo dan satwa) sudah ada fasilitas tersebut

      Delete
    2. gak ada mas,wi-fi sudah dicopot.. :))

      Delete
  12. biasanya cuma naik prameks solo-jogja ;((

    ReplyDelete
  13. Wow keren mas, biasanya saya ke jogja cuma naik progo sama gajah wong, kalo ke tasik naik serayu hahaha

    ReplyDelete
  14. Di foto argo Dwipangga bagus tapi aslinya biasa aja . Udah tua

    ReplyDelete
  15. bagus sekali KA eksekutif itu gan,, jadi sangat nyaman didalam kereta itu.

    ReplyDelete
  16. Bos, kl ngambil foto org dr flick cantumin kredit titlenya dong, hargain org yg motret

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Muhammad Fatia, tolong jangan OOT. Artikel ini membahas tentang Perkeretaapian terutama tentang KA Kelas Eksekutif Argo. Bukan masalah Togel, Tukang Ojek dan ritual2 yang aneh.

    ReplyDelete
  21. Bolacasino88 | Agen Bola Sbobet | Agen Judi Casino | Sabung Ayam Terpercaya

    Mampir yuk gan di Bolacasino88

    Pelayanan Yang Professional Dan Ramah
    Di Jamin 100% Tidak Adanya BOT Dan ADMIN.

    - Daftar GRATIS
    - Minimal Deposit 20.000
    - Minimal Withdraw 50.000

    Dapatkan Hot Promo Yang Kami Berikan :

    - Bonus Deposit 5000
    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    - Bonus Sportsbook 100%
    - Cashback Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Deposit Games 10%
    - Cashback Games 5%
    - Bonus Komisi Casino 0,8%

    NB : Syarat Dan Ketentuan Berlaku

    Nikmati 1 ID Untuk Semua Games Seperti :

    - Sports
    - Live Casino
    - Togel
    - Poker
    - Slot Games
    - Nomor
    - Financial
    - Sabung Ayam

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :

    - Live Chat 24 Jam Online
    - No Tlp ( +855962671826 )
    - BBM ( 2BF2F87E )
    - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
    - Skype ( bola casino88 )
    - WhatsApp ( +855962671826 )

    ReplyDelete
  22. interesting articles and this is my first first reading a very interesting article thanks for this article that fits with the theme news.
    domino qiu qiu
    ;((

    ReplyDelete