Loading...
Friday, December 28, 2012

Pohon Terbesar di Dunia


Bila kita mengunjungi Kebun Raya Bogor, kita pasti akan terkagum - kagum milihat banyaknya pohon - pohon berukuran besar yang membuat kawasan Kebun Raya Bogor menjadi tampak adem. Mungkin kita harus menyimpan kekaguman kita tersebut karena ternyata di luar sana juga terdapat beberapa pohon terbesar di dunia bisa membuat kita semakin terpana. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan pohon terbesar itu? Pengertian besar pada sebuah pohon bisa dilihat dari ukuran tinggi sebuah pohon dan juga volume dari pohon itu sendiri. Berdasarkan kedua faktor tersebut, terdapat 2 jenis pohon yang masuk kriteria sebagai pohon terbesar di dunia. Yaitu, pohon Coast Redwoods sebagai pohon tertinggi di dunia dan pohon Giant Sequoias sebagai pohon terberat (memiliki volume terbesar). Berikut ini adalah penjelasan mengenai kedua jenis pohon terbesar di dunia tersebut:


POHON COAST REDWOODS
Merupakan pohon asli dai pantai Barat Amerika Serikat. Pada usia dewasa, tinggi pohon ini bisa mencapai 60 - 75 meter, bahkan pernah ditemukan pohon Coast Redwoods dengan tinggi lebih dari 110 meter. Nama Redwoods sendiri diambil dari warna kayunya. Pertumbuhan pohon jenis ini sangat cepat. Bisa sekitar 30 cm dalam setahun. Diameter dari pohon jenis ini rata - rata sekitar 3,14 meter.




GIANT SEQUOIAS
Ini merupakan pohon yang paling besar yang pernah ada di muka bumi ini. Walaupun tingginya hanya mencapai sekitar 90 meter, namun diameter dari pohon ini bisa mencapai 9 meter. Usia dari pohon ini bisa mencapai 2000 - 3000 tahun. Saat ini, pohon Giant Sequoias hanya bisa ditemui di Sierra Nevada Mountains - California Tengah dan telah masuk ke dalam daftar pohon yang dilindungi sejak tahun 1890.









1 comments:

Arsip Blog

 
Toggle Footer
TOP