Loading...
Sunday, January 13, 2013

Proses Pembuatan dan Cara Kerja Kapal Induk


Bagian Kapal Induk


    Kapal induk dirancang untuk melakukan empat pekerjaan dasar :
  • a. Transportasi berbagai pesawat lintas negara
  • b. Peluncuran dan hangar pesawat
  • c. Berfungsi sebagai pusat komando mobile untuk operasi militer
  • d. Rumah bagi crew yang bertugas di kapal induk
Untuk mencapai tugas-tugas ini, Kapal Induk perlu menggabungkan unsur-unsur sebuah kapal, sebuah pangkalan angkatan udara, dan sebuah kota kecil. Yang antara lain diperlukan :
  • Sebuah dek penerbangan, permukaan yang datar di atas kapal di mana pesawat dapat   lepas landas dan mendarat
  • Sebuah dek hangar, sebuah area di bawah dek untuk hangar pesawat saat tidak digunakan
  • Sebuah pulau, sebuah bangunan di atas dek penerbangan dimana petugas bisa langsung mengoperasikan kapal dan mengawasi penerbangan
  • Kamar untuk para crew untuk tinggal dan bekerja
  • Sebuah pembangkit listrik dan sistem penggerak untuk memindahkan pesawat/perahu dari titik ke titik dan untuk menghasilkan listrik bagi seluruh kapal
  • Berbagai sistem lain untuk menyediakan makanan, air, dan untuk menangani hal-hal yang mana disetiap negara sudah ada persetujuan, seperti limbah, sampah dan surat, serta radio carrier-based dan stasiun televisi dan surat kabar
  • Lambung, tubuh utama kapal induk, yang mengapung dalam air


Lambung kapal terbuat dari pelat baja yang sangat kuat dan berukuran sangat tebal, bertujuan untuk memberi perlindungan yang efektif terhadap resiko kebakaran dan kerusakan pertempuran, serta memberi perlindungan ekstra dari serangan torpedo, apabila torpedo musuh mengenai bagian bawah kapal dan menghancurkan lapisan baja paling luar maka lapisan kedua akan mencegah kebocoran.

Kapal Induk
Diagram Tampak Belakang
Diagram Tampak Atas

Proses Pembuatan Kapal Induk

Untuk membuat proses pembangunan lebih efisien, sebagian besar setiap Supercarrier dirakit dalam modul potongan terpisah yang disebut superlifts. Setiap superlift mungkin berisi banyak compartements (kamar), mencakup beberapa deck, dan mereka bisa menimbang berat mulai dari 80-900 ton (~ 7-800 metric ton). Supercarrier terdiri dari hampir 200 superlifts.




Sebelum meletakkan modul superlift ke kapal, para crew merakit konstruksi baja badan kapal dan mengaitkan semua pengkabelan dan pemipaan. Kemudian mereka menggunakan derek raksasa untuk mengangkat modul dan menurunkan tepat ke posisi di dalam kapal, kemudian mereka menyambung/las ke modul sekitarnya. Tahap akhir konstruksi, semua crew bergabung ke modul terakhir (bagian 575-ton) ke deck penerbangan.





Proses Take Off Pesawat dari Kapal Induk

Pesawat harus mendapatkan udara yang lebih banyak yang bergerak diatas sayap untuk menghasilkan daya angkat dan pesawat mendapat bantuan lepas landas utama berasal dari empat carrier ketapel, sehingga pesawat sampai dengan kecepatan tinggi dalam jarak yang sangat pendek. Kesalahan fatal sedikit saja bisa membawa pilot beserta pesawat jatuh ke dalam laut.


Prepare
Ketapel

Control
Antri Take Off
Go....

Proses Landing Pesawat ke Kapal Induk

Mendarat di dek penerbangan kapal induk adalah salah satu hal yang paling sulit bagi Pilot yang pernah dilakukannya. Dek penerbangan hanya memiliki panjang sekitar 500 feet (~150 meter) ruang landasan pacu untuk pendaratan pesawat, dan bukan untuk jet berat tetapi hanya untuk jet dengan kecepatan tinggi yang ada di kapal induk. 

Untuk mendarat di dek penerbangan di kapal induk, setiap pesawat membutuhkan tailhook yang melekat pada ekor pesawat, tujuannya agar pilot dapat mangaitkan tailhook ke salah satu dari empat kabel penangkap, kabel penangkap terbuat dari high-tensile steel wire.

Landing 
Catching an arresting Wire
Arresting Wire
Landing Signals Officers
Landing Signals Officers Work Station 

Pendaratan darurat dengan alat bantu karena ada masalah di landing gear

Aircraft Carrier's Island

Aircraft Carrier's Island adalah Pusat Komando untuk Operasi Dek Penerbangan. Tinggi island ini sekitar 150 kaki (46m), dan lebar sekitar 20 kaki (6m) sehingga tidak mengambil ruang terlalu banyak pada dek penerbangan. 
Bagian atas dilengkapi dengan sebuah array radar dan antena komunikasi yang mengawasi sekitar kapal dan pesawat terbang.


The Island
Pri-Fly
Captain on the Flight Deck
The Helmsman
Air Traffic Controller

The Hangar

Hangar dapat menyimpan kurang lebih 60 pesawat.
Hangar Deck
Hydraulic Elevators
Anggota Crew Membersihkan Deck
Anggota Crew Membersihkan Deck







3 comments:

  1. Ternyata proses pembuatannya ini benar^ canggih dan mantap juga luar biasa
    terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks juga sudah hadir di sini mas bro 8-)

      Delete
  2. banyak sekali ternyata bagian-bagian kapal.
    terima kasih banyak infonya.

    ReplyDelete

Arsip Blog

 
Toggle Footer
TOP